Artikel parenting terlengkap untuk anda

Rabu, 14 Agustus 2019

pertumbuhan bayi baru lahir

| Rabu, 14 Agustus 2019

Ketika bayi baru lahir, sebagian besar gerakan yang ditunjukkan bayi adalah gerak reflex, yang merupakan bakal penting dan mempunyai banyak manfaatnya di kehidupan barunya nanti.  Selama dalam kandungan, bayi mendapat kenyamanan dan kemudahan dari sang bunda. Tubuhnya aman terlindung dalam kantung ketuban, serta segala sesuatunya, seperti mengkonsumsi dan mendapatkan makanan sehat dan bernapas yang didapatkan 100 % melalui sang bunda.

pertumbuhan bayi abru lahir

Namun, begitu bayi itu lahir, setelah tali pusar yang menghubungkan si kecil dengan bunda terputus, maka ia yang harus berjuang sendirian.  Organ-organ penting pendukung kehidupan harus mampu menjalankan tugasnya dengan sempurna. Untuk mengetahui apakah bayi tersebut udah siap untuk berjuang sendirian, maka diperlukan teg Apgar.
Tes Apgar, tes yang paling pertama
 Tes Apgar adalah serangkain pemeriksaan dan test yang pertama untuk menilai kemampuan bayi yang baru lahir. Tes Apgar menilai kemampuan sang bayi untuk beradaptasi di lingkungan yang baru yaitu diluar rahim bundanya.  Ada 5 hal pokok yang diperika, yaitu :
  • Appearance : penampilan, yang dilihat dari warna kulit dari si bayi.
  • Pulse;  yaitu denyut atau frekuensi denyut jantung bayi
  • Grimace ; usaha bernapas dari bayi yang dilihat dari kuat dan lemahnya tangisan ketika baru lahir
  • Activity, aktif atau tidaknya tonus otot
  • Reflex: Reaksi spontan atas rangsang yang dating, yaitu bagaimana reaks si bayi terhadap  rangsangan atau stimulant yang diberikan kepada bayi
Dari serangkain pemeriksaan pertumbuhan bayi baru lahir, maka tiap-tiap test tersebut diberikan penilaian. Bila reaksi si bayi bagus, makan nilainya adalah 2. Reaksi kurang baik atau kurang bereaksi, maka diberikan nilai 1. Sedangkan untuk bayi yang bereaksi buruk atau mungkin malah tidak bereaksi, maka diberikan nilai 0. Dari hasil penilaian tersebut kemudian dijumlahkan, sehingga tentunya akan mendapatkan hasil  sebagai berikut:
  • Nilai 10, bayi Memberi reaksi sangat baik terhadap pemeriksaan, karena bayi bias menjalani test dengan baik
  • Nilai  7 – 9 : si bayi dianggap memiliki kemampuan adaptasi  yang baik terhadap lingkungannya yang baru
  • Nilai dibawah 7 : Fungsi jantung dan paru-paru bayi tidak baik sehingga perlu pertolongan
  • Nilai 0: Bayi meninggal saat lahir
Itu adalah merupakan serangkain test atau pemeriksaan yang dapat digunakan untuk mengetahui kondisi baik yang baru lahir. Dari penilaian tersebut, sehingga memudahkan kita untuk memberikan pertolongan kepada bayi yang harus dilakukan, sehingga bayi kita dapat mendapatkan pertolongan secepatnya, jika memang megalami hal-hal yang kurang baik.

baca artikel kami lain nya: makanan-yang-baik-dan-tidak-untuk-ibu

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar